Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi ClassDojo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32682/fdcm5g35Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi Classdojo, Hasil Belajar.Abstract
Proses pembelajaran yang kurang inovatif dan keterbatasan waktu ketika pembelajaran berlangsung di kelas akan mempengaruhi kemampuan berhitung dan pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, pada dasarnya guru dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih inovatif dan menyenangkan dengan memilih media pembelajaran yang sesuai. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa mendapat hasil belajar matematika yang lebih maksimal adalah aplikasi Classdojo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran aplikasi Classdojo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 8 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada salah satu Madrasah Aliyah di wilayah Kabupaten Jombang yaitu MAN 8 Jombang. Sampel penelitian diambil dari kelas X di MAN 8 Jombang yaitu kelas X-4 dan kelas X-5. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan langkah-langkah yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t untuk menarik kesimpulan dengan bantuan SPSS for windows 20.0. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil nilai yaitu maka , maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka penggunaan media pembelajaran aplikasi Classdojo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 8 Jombang pada materi eksponen berpengaruh secara signifikan.