HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO

Authors

  • Faridatul Masruroh Universitas PGRI Jombang Author
  • Rohmatul Umami Universitas PGRI Jombang Author
  • Gita Nugraheni Universitas PGRI Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/eegsv942

Keywords:

Wordwall, hasil belajar.

Abstract

Media merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan atau dijelaskan oleh guru kepada siswa bisa diterima dengan cepat. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah wordwall. Wordwall adalah  sebuah  aplikasi  gamefikasi  digital  berbasis  jaringan  yang  menyediakan berbagai  fitur  game  dan  kuis  yang  dapat  dimanfaatkan  oleh  guru  dalam  penyampaian  evaluasi materi. Selain itu media juga dapat mendorong motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen  dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode angket untuk mengumpulkan data keterlaksanaan media pembelajaran wordwall dan metode tes dipergunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan dari analisis data diperoleh bahwa nilai  sebesar     sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan penerapan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa  SMA Negeri Bandarkedungmulyo.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-13

How to Cite

HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO. (2025). Edumath, 17(1), 10-16. https://doi.org/10.32682/eegsv942