HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO
DOI:
https://doi.org/10.32682/eegsv942Keywords:
Wordwall, hasil belajar.Abstract
Media merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan atau dijelaskan oleh guru kepada siswa bisa diterima dengan cepat. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah wordwall. Wordwall adalah sebuah aplikasi gamefikasi digital berbasis jaringan yang menyediakan berbagai fitur game dan kuis yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam penyampaian evaluasi materi. Selain itu media juga dapat mendorong motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode angket untuk mengumpulkan data keterlaksanaan media pembelajaran wordwall dan metode tes dipergunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan dari analisis data diperoleh bahwa nilai sebesar sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan penerapan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri Bandarkedungmulyo.