Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret ditinjau dari Level Kognitif Siswa Kelas X MA Negeri 10 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32682/qh4rmr86Keywords:
Berpikir Analitis, Masalah Barisan dan Deret, Level KognitifAbstract
Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa. Karena kemampuan ini sebagai pondasi untuk tercapainya tujuan pendidikan. Berpikir analitis merupakan tahapan paling awal dalam berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) sehingga sangat penting bagi keberhasilan siswa di masa yang akan datang. Penelitian ini penting dilakukan agar siswa mampu mengetahui dan memaksimalkan kemampuannya. Masalah yang diambil pada penelitian ini adalah masalah barisan dan deret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X MA Negeri 10 Jombang yang memiliki level kognitif sedang pada materi barisan dan deret. Pendekatan yang dilakukan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas X-C MA Negeri 10 Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir analitis dan wawancara. Tes yang diberikan adalah dua buah tes soal kemampuan berpikir analitis yang sekaligus digunakan untuk mengukur level kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa dengan dengan level kognitif sedang yang diambil secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan level kognitif sedang hanya mampu memenuhi delapan dari sepuluh sub indikator berpikir analitis