PENGARUH PENERAPAN GAME EDUKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JOGOROTO

Authors

  • Adinia Aulia Rifqi Author
  • Faridatul Masruroh Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/7k5vct90

Abstract

Game Edukasi adalah permainan yang berisi tentang konsep atau informasi mengenai materi pembelajaran yang memiliki tujuan sebagai pendorong motivasi belajar siswa sehingga dengan adanya game ini siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Jogoroto menunjukkan bahwa kebanyakan dari siswa lebih suka bermain game melalui smarphone daripada belajar matematika, karena menurut sebagian besar siswa game lebih menyenangkan daripada belajar matematika yang rumit dan sulit. Pendekatan penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen (pre–experimental designs) dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogoroto yang berjumlah 60 siswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability sample dengan cara convience sample. Berdasarkan dari analisis data dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, maka diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan game edukasi berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogoroto. Selain itu diperoleh nilai sig 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan game edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jogoroto

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN GAME EDUKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JOGOROTO. (2025). Edumath, 16(1), 1-4. https://doi.org/10.32682/7k5vct90