PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/z8ff5077Keywords:
Pendekatan Problem Based Learning,E-Modul Interkatif, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang guru yang dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai bahan ajar serta dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan seringkali dikeluhkan peserta didik. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang bervariasi agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan dan siswa menjadi antusias dalam belajar serta bisa memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mungkin dapat memperbaiki hasil belajar adalah pendekatan problem based learning. Selain pendekatan pembelajaran media pembelajaran juga memiliki peran yang tidak kalah penting media digunakan sebagai sarana interaksi untuk mendapatkan perhatian siswa agar pembelajaran lebih menarik dan tidak terpusat oleh guru Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan media baru dalam proses pembelajaran matematika media yang akan diterapkan adalah e-modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem based learning berbantuan e-modul interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bareng. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dengan jenis soal berupa soal uraian. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji independent sampel t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh diperoleh nilai sig.=0,008, yang berarti 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang signifikan antara kelas yang diterapkan pendekatan Problem Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif dengan kelas yang tidak diterapkan pendekatan Problem Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif di SMP Negeri 1 Bareng. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII