PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Eka Wulan Dadari UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author
  • Rohmatul Umami UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/4fkdjq79

Keywords:

Pengaruh, Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minatnya siswa dalam pembelajaran matematika yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya menerima informasi apa yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa agar hasil belajar siswa lebih baik, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Untuk itu, dilakukan suatu penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar, dengan tujuan untuk mengetahui k model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperinental dengan desain one group pretest-posttest. Peneliti menggunakan satu kelas sebagai sampel yaitu kelas VII MTs Al-Maunah untuk diambil data hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang disebut Pretes dan data hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang disebut postes. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent-sample T Test menunjukkan bahwa hasil nilai signifikan output SPSS didapatkan 0,001 sedangkan nilai α = 0,05  dan thitung = -3,676 sedangkan ttabel  = 2,100912 berarti dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, karena 0,001 < 0,05 dan thitung = -3,676 < ttabel = 2,100912. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Maunah. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. (2025). Edumath, 16(1), 19-26. https://doi.org/10.32682/4fkdjq79