PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN MANCAR III PETERONGAN

Authors

  • Yunita Miftakhul Jannah STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Fatchiyah Rahman STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/5cqjea65

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika

Abstract

PMR adalah pembelajaran yang menggunakan masalah realistik. Kebermaknaan konsep matematika merupakan konsep utama dari PMR. Pada proses pembelajaran PMR dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik awal pembelajaran. Pembelajaran tidak dimulai dari definisi, teorema atau sifat-sifat, akan tetapi dimulai dari konteks dunia nyata dan di transformasikan kedalam konsep matematika, diharapkan seolah-olah konsep atau sifat-sifat matematika ditemukan kembali oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika Siswa SDN Mancar III Peterongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-test dan Post-test group yang termasuk dalam desain praeksperimen (preexperimental design). Pengumpulan data melalui teknik tes dilakukan dengan memberikan instrumen tes yang terdiri dari pertanyaan atau soal untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan dengan SPSS diperoleh uji paired sample test yaitu sig = 0,000 dengan taraf signifikasi 5%. Sig. < α.  maka berarti H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ ada pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika Siswa SDN Mancar III Peterongan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN MANCAR III PETERONGAN. (2025). Edumath, 15(3), 118-123. https://doi.org/10.32682/5cqjea65