SYSTEMIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KEMAMPUAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sulistyorini UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Warpuah UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Dwi Nastiti Atiyah UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Syaiful Anam UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/jvb2qa80

Keywords:

Kajian Literatur, Project Based Learning dalam pembelajaran matematika jenjang Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keterampilan yang diperoleh melalui penggunaan model PJBL atau Project Based Learning. Dalam studi ini mengaplikasikan metode Systematic Literature Review (SLR). Basis data pada Scopus, Erics dan Google Scholar selama 10 tahun terakhir yang digunakan dalam penelitian ini. Melalui hasil pencarian dan analisis didapat 25 artikel yang sesuai dan sejalan yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria inklusi sehingga menghasilkan 16 artikel yang dijadikan penelitian utama. Setiap item data selanjutnya akan dianalisis berlandaskan pada kemampuan yang dikembangkan dari hasil penelitian. Hasil analisis artikel ini dapat diambil hasil kesimpulan bahwa model pembelajaran PjBL memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan keterampilan teknis dan soft skill pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata kunci: Kajian Literatur, Project Based Learning dalam pembelajaran matematika jenjang Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

SYSTEMIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KEMAMPUAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. (2025). Edumath, 16(3), 143-160. https://doi.org/10.32682/jvb2qa80