ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIKA GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.32682/jwa9xk17Keywords:
Komunikasi Matematika Guru, Menjelaskan Materi PelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil komunikasi matematika guru dalam menjelaskan materi pelajaran. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pemula matematika SMA kelas X IPS (yaitu guru dengan pengalaman mengajar selama 1 sampai 5 tahun). Data dikumpulkan dengan metode observasi terhadap komunikasi matematika guru dalam menjelaskan materi pelajaran di kelas dimana materi yang dimaksud adalah aturan sinus, dilanjutkan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematika guru pemula dalam menjelaskan materi pelajaran adalah berdasarkan hasil observasi dan wawancara secara mendalam, guru pemula menjelaskan materi pelajaran secara sistematis, lengkap, lancar dan terpusat. Yaitu, memulai menjelaskan materi dengan mengingatkan siswa akan materi yang telah dipelajari yang masih berkaitan dengan materi yang akan dibahas, menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan materi pokok. Penjelasan dilengkapi dengan informasi-informasi yang terkait, memusatkan perhatian siswa pada materi dengan bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi dan penjelasan disampaikan tanpa menggunakan istilah-istilah yang meragukan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada beberapa guru sekolah menengah atas yang masih menggunakan bahasa yang kurang akurat dalam menjelaskan materi