PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/x39p3m90Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning(PBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Jatipelem I Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Jatipelem I Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini tes dan observasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kelas V SDN Jatipelem I. Mulai dari 36% siswa yang tuntas pada pre-test dengan rata-rata nilai 52,7 kemudian meningkat menjadi 55% siswa yang tuntas dengan rata-rata yang ikut naik pada siklus I yakni 68,18. Hal ini terus mengalami peningkatan lagi pada siklus II yakni 73% siswa tuntas dan mendapatkan nilai rata-rata yang cukup tinggi yakni 75,45. Sedangkan untuk observasi aktivitas siswa, rata-rata nilai siklus I 75,76, namun terjadi peningkatan pada aktifitas siswa pada siklus II, yakni rata-rata nilainya 84,85. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas siswa di dalam kelas selama pembelajaran