PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA KELERENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/7kzqf380Keywords:
Penerapan Model PBL, Media Kelereng, dan Hasil BelajarAbstract
Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, disebabkan karena pemahaman siswa tentang isi soal matematika dan cara menyelesaikannya masih kurang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk perbaikan pembelajaran sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Salah satu rancangan pembelajaran yang dilakukan guru adalah penerapan model PBL dengan media kelereng yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa lebih mudah dan hasil belajar meningkat. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Balongsari I dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi, melalui perbaikan pembelajaran per siklus. Kemudian dilakukan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran menyelesaikan soal matematika rata-rata hasil tes siswa secara keseluruhan sebesar 67,78% dan rata-rata kemampuan siswa dalam memahami materi sebesar 67%. Sedangkan pembelajaran menggunakan penerapan model PBL dengan media kelereng dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal matematika. Hal ini terlihat pada perolehan hasil belajarnya 81,85% dan hasil pengamatan kemampuannya 85,6 %.