PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TENTANGPECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBARSISWA KELAS III SDN GADINGMANGU 2
DOI:
https://doi.org/10.32682/x75hrk54Keywords:
Media Gambar dan Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perbaikan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan sederhana pada kelas III siswa SD Negeri Gadingmangu 2. Penelitian ini dilakukan karena siswa belum dapat mengoperasikan pecahan sederhana. Penelitian dilakukan mulai tanggal 2 Maret 2022 sampai dengan akhir April 2022 Semester II tahun ajaran 2022 mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana kelas III SD Negeri Gadingmangu 2. Subyek peneliti adalah siswa kelas III sebanyak 23 anak terdiri dari 10 anak siswa laki-laki dan 13 anak siswa perempuan. Penelitian menggunakan 2 (dua) siklus perbaikan pembelajaran. Sub pokok bahasan pada siklus I adalah tentang cara pengoperasian, penugasaan pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan pecahan. Hasil analisis dan refleksi setelah siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pemhaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal ini bisa dilihat pada hasil evaluasi selama proses penelitian perbaikan pembelajaran. Pada awal permulaan hanya 35% siswa yang mendapat nilai diatas Standart Ketuntasan Minimal (SKM). Kemudian pada siklus I menjadi 59% pada siklus II menjadi 86%. Dengan demikian perbaikan pembelajaran dapat dikatakan berhasil