PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.32682/m39ngy84Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif NHT ,Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi matematika yang disebabkan oleh cara mengajar guru yang kurang termotivasi memahami konsep dan kurang berhasil dalam menyampaikan konsep materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model belajar kooperatif tipe Numbered Heads Together ( NHT ) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Gadingmangu 1 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel adalah peserta didik kelas V yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini aktifitas siswa dalam proses pembelajaran bangun ruang dengan model pembelajaran NHT termasuk kategori baik , dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal (KBK = 90,48%). Dengan demikian, model belajar kooperatif tipe NHT dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep dengan baik