PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN  KOOPERATIF TIPE TEAMS  GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK  DI KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS SUMOBITO JOMBANG

Authors

  • Izzatul Laily MI Bustanul Ulum Badas Author
  • Henky Muktiadji UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/jqjsvd97

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran konvensional  yang tidak berpusat pada keaktifan peserta didik, sehingga mengakibatkan banyak peserta didik yang kurang aktif saat pembelajaran khususnya pelajaran matematika. Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe (TGT) merupakan model pembelajaran yang inovatif dan dinilai menyenangkan karena tournament dan permainan pada pembelajaran ini dapat mengakibatkan sebuah dorongan terhadap peserta didik untuk menjadi aktif saat pembelajaran dan tentunya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis Pre Eksperimental dengan desain penelitian One Grup Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 30 peserta didik  di kelas VI MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang. Instrument yang digunakan adalah lembar tes tulis berupa pre test dan  post test . Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis (dependent Sampel T-test). Berdasarkan analisis data pada uji hipotesis diperoleh hasil output SPSS yang menyatakan nilai Sig. sebesar 0,000 dengan taraf signifikan  yang berarti  maka, H1 diterima. Berdasarkan hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakukan model Pembelajaran Kooperatif tipe (TGT). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model Pembelajaran  Kooperatif tipe (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola peserta didik kelas VI di MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang tahun pelajaran 2022/2023

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN  KOOPERATIF TIPE TEAMS  GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK  DI KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS SUMOBITO JOMBANG. (2025). Edumath, 16(2), 97-106. https://doi.org/10.32682/jqjsvd97