PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN TAMBAKBERAS JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/vfmgv639Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa tes untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X MIPA MAN Tambakberas Jombang, sedangkan sampelnya adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas uji validasi, kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian dari tes hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,70 dan kelas kontrol 63,70. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t-tes. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan SPSS 20 for windows. Berdasarkan perhitungan dengan SPSS 20 for windows didapat nilai Sig.(2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig.(2-tailed) = 0,000, berarti 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN Tambakberas Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018