PENERAPAN POLYA UNTUK MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/486esv15Keywords:
Penerapan Polya Meningkatan Hasil BelajarAbstract
Pemilihan judul ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman bahwa kemampuan siswa kelas V SDN Ngogri 1 dalam belajar matematika khususnya pemahaman soal cerita volume balok.Berdasarkan hal tersebut,selanjutnya muncul permasalahan bagaimana upaya meningkatkan belajar siswa dalam memahami materi yang diajarkan agar memperoleh hasil yang baik.Tujuan artikel ini untuk meningkatkan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika agar memperoleh hasil yang baik.Metode yang digunakan dalam penyelesaian soal cerita bangun ruang ini menggunakan metode polya yang diharapkan siswa lebih muda dalam mengerjakan soal cerita.Hasil penelitian disini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus diakhiri dengan tes sehingga diketahui peningkatan hasil belajar dalam penggunaan metode polya dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang.Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif berupa hasil tugas, prestasi belajar, observasi, dan wawancara.Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peneliti mampu meningkatkan pemahaman soal cerita tentang bangun ruang balok dalam pembelajaran matematika, dengan menggunakan langka polya.