PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.32682/381g1h03Abstract
Aktivitas siswa dalam pembelajaran berhitung kelas II SDN Kesamben I Kesamben Jombang dalam pembelajaran Matematika Semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah.Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan medi benda konkret. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam belajar berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini semua siswa kelas II SDN Kesamben I Kecamatan Kesamben Jombang yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 12 siswa laki- laki dan 10 siswa perempuan.Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi selama siswa dikenai tindakan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif sederhana: menghitung frekwensi dan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kepala Bernomor dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam diskusi, hal ini terlihat dari siklus I siswa yang berpredikat sangat aktif ada 14%, aktif 14%, cukup aktif 45% dan yang kurang aktif 27%. Hasil penelitian siklus II terdapat 18% siswa yang berpredikat sangat aktif, 18% aktif, 50% cukup aktif dan 14% kurang aktif.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran berhitung