IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/c6j2km87Keywords:
Culturally responsive teaching ; Ispring suite; hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dan media interaktif Ispring suite. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IX-H SMP Negeri 29 Surabaya yang berjumlah 35 anak. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi guru dan siswa, tes evaluasi dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualtitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang efektif ketika mendapatkan tindakan implementasi pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dan media interaktif Ispring suite. Hasil penilitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Secara utuh hasil belajar 35 siswa sebelum diberikan tindakan (pra tindakan) 48%, siklus 1 sebesar 77%, siklus 2 sebesar 88%. Penelitian tindakan kelas dengan implementasi pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dan media interaktif Ispring suite dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 75% siswa mencapai batas KKM ≥75