ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED BERDASARKAN METODE NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.32682/0p6pvz82Keywords:
Analisis Kesalahan, Open Ended, Prosedur NewmanAbstract
Matematika adalah abstrak, sifat abstrak inilah yang menjadi penyebab banyak siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Kesulitan yang dialami siswa inilah yang memungkinkan terjadinya kesalahan ketika siswa menjawab soal khususnya pada soal cerita open ended. Kesalahan siswa tersebut perlu adanya analisis untuk mengetahui kesalahan apa saja yang banyak dilakukan dan mengapa kesalahan tersebut dilakukan siswa. Melalui analisis kesalahan. Metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa yaitu dengan menggunakan Metode Newman yaitu: (1) tahapan membaca, (2) tahapan memahami, (3) tahapan transformasi, (4) tahapan keterampilan proses, dan (5) tahapan penulisan jawaban. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah siswa kelas VIII SMP Negeri Bandarkedungmulyo dalam menyelesaikan masalah open ended Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes dan pedoman wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Dalam mengerjakan soal open ended subjek mengalami kesalahan. Subjek berkemampuan tinggi mengalami kesalahan dalam keterampilan proses yaitu salah dalam proses perhitungan, dan kesalahan penulisan jawaban yaitu subjek salah dalam menentukan jawaban akhir. Subjek berkemampuan sedang mengalami kesalahan transformasi, yaitu tidak dapat mengubah suatu informasi kedalam bentuk persamaan linier dua variabel serta menentukan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses, yaitu tidak menuliskan langkah-langkah dengan lengkap dan benar, dan kesalahan penulisan jawaban, yaitu tidak mendapatkan jawaban akhir dengan benar. Subjek berkemampuan rendah mengalami kesalahan memahami, yaitu tidak bisa menentukan apa yang diketahui dari soal, kesalahan transformasi yaitu tidak dapat mengubah suatu informasi kedalam bentuk persamaan linier dua variabel serta salah dalam menentukan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses yaitu tidak menuliskan langkah-langkah dengan lengkap dan benar, dan kesalahan penulisan jawaban yaitu tidak mendapatkan jawaban akhir dengan benar.
.png)
