Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Ngimbang
DOI:
https://doi.org/10.32682/bbzev854Abstract
: Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah di dalam kelas. Salah satunya permasalahandalam pembelajaran matematika di SMAN 1 Ngimbang kelas X-8 yaitu rendahnya kemampua numerasi. Kemampuan numerasi adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika, untuk itu guru membutuhkan model pembelajaran yang berbasis pemecahan masalah salah satunya Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah Dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Ngimbang tahun pelajaran 2023/2024 melalui penerapan model PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Ngimbang, Penelitian ini dilaksanakan selama 2 Siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan tes, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar tes kemampuan numerasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada pembelajaran matematika kemampuan numerasi siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Ngimbang meningkat. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71% . kemudian hasil kemampuan numerasi siswa pada siklus I sebesar 52,94% dan pada siklus II sebesar 79,41%.