PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ristra Verni Pratiwi SMK Muhammadiyah 1 Kemlagi Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/8dcxxq90

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental dengan desain Two-group Post-test-Only Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 96 siswa dan sebagai sampel kelas X OTKP-1 dan kelas X OTKP-2 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan nilai thitung (2,258) > ttabel (1,66980). Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X OTKP SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. (2025). Edumath, 17(1), 24-33. https://doi.org/10.32682/8dcxxq90