PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL-IHSANI KESAMBEN

Authors

  • Felian Nabela SMK Swadaya Milenial Kesamben Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/9jj0wj95

Keywords:

Pendidikan, Talking Stick, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi begitu cepat, menimbulkan masalah yang paling mendasar dalam dunia pendidikan yaitu bagaimana upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran sehingga efektif dan efisien dengan hasil yang maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Oleh sebab itu, tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK AL- IHSANI Kesamben. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMK AL-IHSANI Kesamben Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Two-Group Post- Test Only Design menggunakan lembar tes hasil belajar siswa (post test). Penentuan sampel penelitian menggunakan Cluster Random Sampling dimana kelas X PMS 1 sebagai kelas kontrol dan X PMS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: uji normalitas data, uji homogenitas data, uji hipotesis (uji t), analisis korelasi dan menghitung nilai koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,04 < 0,05 mengakibatkan H0 ditolak artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Karena ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas X, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK AL-IHSANI Kesamben. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,47 % yang tergolong sangat lemah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-06

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK AL-IHSANI KESAMBEN. (2025). Edumath, 17(1), 34-42. https://doi.org/10.32682/9jj0wj95