Pengaruh Model Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32682/qbe72h96Keywords:
Model Game-Based Learning, Hasil Belajar Matematika, StatistikaAbstract
Pembelajaran matematika pada materi Statistika sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, sehingga diperlukan inovasi yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar. Model Game-Based Learning dipilih karena menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mendorong keterlibatan aktif siswa melalui elemen permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Bareng pada materi Statistika Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True Experimental Design dan desain Posttest Only Control Design. Sampel diambil dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa tiga soal uraian yang divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji-t independen untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, serta koefisien determinasi untuk mengukur kontribusi model pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi () sebesar , yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai R Square sebesar menunjukkan model Game-Based Learning memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan model Game-Based Learning berpengaruh signifikan dan berada dalam kategori sedang terhadap hasil belajar matematika siswa.