Pengaruh Model Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Alfiatus Sholihah Universitas PGRI Jombang Author
  • Faridatul Masruroh UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/qbe72h96

Keywords:

Model Game-Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Statistika

Abstract

Pembelajaran matematika pada materi Statistika sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, sehingga diperlukan inovasi yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar. Model Game-Based Learning dipilih karena menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mendorong keterlibatan aktif siswa melalui elemen permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Bareng pada materi Statistika Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True Experimental Design dan desain Posttest Only Control Design. Sampel diambil dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa tiga soal uraian yang divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji-t independen untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, serta koefisien determinasi untuk mengukur kontribusi model pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi () sebesar , yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai R Square sebesar  menunjukkan model Game-Based Learning memberikan kontribusi  terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan model Game-Based Learning berpengaruh signifikan dan berada dalam kategori sedang terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Pengaruh Model Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (2025). Edumath, 17(3), 128-132. https://doi.org/10.32682/qbe72h96