PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs MIDANUTTA’LIM JOGOROTO JOMBANGTAHUN  PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Atik Nur Latifah Universitas PGRI Jombang Author
  • Rifa Nurmilah UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author
  • RIRIN FEBRIYANTI UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/8tz6nn47

Keywords:

Matematika, Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak. Dalam pembelajaran matematika siswa juga diajarkan menggunakan ilmu matematika yang diperoleh untuk memecahkan masalah yang ada. Realistic Mathematics Education merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa, bahwa matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari siswa ke pengalaman belajar yang berorientasi pada hal-hal real (nyata). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap hasil  belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  berbentuk quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil dari kelas VIII di MTs Midanutta’lim Jogoroto Jombang. Teknik analisis data  menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil nilai t hitung > t tabel yaitu  2,271 > 2,018 dan nilai Sig. (2-tailed) < α yakni 0,028< 0,05, maka Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada materi lingkaran berpengaruh.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-11-28

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs MIDANUTTA’LIM JOGOROTO JOMBANGTAHUN  PELAJARAN 2020/2021. (2025). Edumath, 17(4). https://doi.org/10.32682/8tz6nn47