PENGARUH E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 KERTOSONO
DOI:
https://doi.org/10.32682/zv0n7k32Keywords:
E-LKPD, model pembelajaran problem solving, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematikaAbstract
E-LKPD memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran matematika karena dapat membantu siswa dalam memahami konsep, memudahkan siswa dalam mengerjakan latihan soal serta dapat memudahkan siswa untuk mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Pada penelitian ini E-LKPD yang digunakan berbasis problem solving. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh E-LKPD berbasis problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas X SMAN 1 Kertosono. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan Quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes dan angket. Data pada penelitian ini dianalisis secara statistik dengan berbantuan aplikasi SPSS for windows versi 21. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil analisis data pada hipotesis menggunakan uji rata-rata dua sampel bebas dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 21 didapatkan hasil bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05,yang berarti terima H1. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas X SMAN 1 Kertosono.
.png)
