PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN ALJABAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/04wrws28Keywords:
Learning Cycle 5E, Konstruktivis, Kemampuan AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Megaluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest-only control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen ( ) yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol ( ) yang menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction) tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E . Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil analisis data dengan menunjukkan nilai = 0,000 < 0,05 Sehingga Ho dotolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kedua kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan aljabar siswa