PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN ALJABAR SISWA

Authors

  • Oemi Noer Qomarijah Universitas PGRI Jombang Author
  • Rohmatul Umami UNIVERSITAS PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/04wrws28

Keywords:

Learning Cycle 5E, Konstruktivis, Kemampuan Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E  terhadap kemampuan aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Megaluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest-only control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen ( ) yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol ( ) yang menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction) tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E . Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil analisis data dengan  menunjukkan nilai = 0,000 < 0,05 Sehingga Ho dotolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kedua kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E  berpengaruh terhadap kemampuan aljabar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN ALJABAR SISWA. (2025). Edumath, 17(3), 133-137. https://doi.org/10.32682/04wrws28