PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN ALJABAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/04wrws28Keywords:
Learning Cycle 5E, Konstruktivis, Kemampuan AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Megaluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest-only control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen ( ) yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol ( ) yang menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction) tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E . Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil analisis data dengan menunjukkan nilai = 0,000 < 0,05 Sehingga Ho dotolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kedua kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan aljabar siswa
.png)
