PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) MENGGUNAKAN KAHOOT PADA SISWA KELAS VIIIMTsN 9 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/4c2bv005Keywords:
Brain Based Learning, KahootAbstract
Pembelajaran matematika di MTsN 9 Jombang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang dominan menyebabkan rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menggali dan mengaplikasikan Brain Based Learning (BBL) menggunakan Kahoot pada pelajaran matematika kelas VIII guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi dilakukannya penelitian ini yakni di MTsN 9 Jombang. Sumber data primer didapatkan dari guru matematika dan siswa kelas VIII MTsN 9 Jombang. Pengumpulan data dihimpun melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Integrasi pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan platform edukasi Kahoot dalam mata pelajaran matematika terbukti selaras dengan karakteristik pembelajaran dan siswa abad ke-21 sehingga mampu memberikan peran penting dalam mendorong perkembangan pendidikan yang lebih inovatif serta sesuai kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang positif, nyaman, menarik, interaktif, memotivasi, dan meningkatkan pemahaman, serta daya ingat siswa. Pendekatan ini dapat dijadikan sarana yang efektif sebagai pembentuk karakter siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan