ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN POROGAPIT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Authors

  • Elinda Putri Sari Elinda STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Ama Noor Fikrati Ama STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/4qp92a89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi pembagian bersusun porogapit berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas IV MI Sunan Kalijaga Mojotrisno Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini   adalah siswa MI Sunan Kalijaga Mojotrisno kelas IV tahun ajaran 2021/2022 yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, serta lembar tes dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data yang digunakan antara lain yaitu reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun porogapit yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi mengalami jenis kesalahan dalam menggunakan notasi. Sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang mengalami jenis kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam menggunakan notasi. Adapun siswa berkemampuan matematika rendah mengalami jenis kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam menggunakan notasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN POROGAPIT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. (2025). Edumath, 15(1), 1-6. https://doi.org/10.32682/4qp92a89