Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.32682/2gnj6z87Keywords:
Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Gaya KognitifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa field independent (FI) dan Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jombang sebanyak 2 siswa, masing-masing siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes uraian dan wawancara dengan instrument pertama adalah peneliti sendiri sedangkan untuk instrument pendukung menggunakan tes Group Embedded Figure Test (GEFT). Hasil dari penelitian ini bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat yaitu siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) mengalami 2 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam memahami soal (Comprehension Error) dan kesalahan siswa dalam menuliskan jawaban akhir (Encoding Error). Sedangkan siswa bergaya kognitif Field Dependent (FD) mengalami 3 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam transformasi soal (Transformation Error), keterampilan proses (Process Skill Error) serta menuliskan jawaban akhir (Encoding Error).