Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Kognitif

Authors

  • Ama Noor Fikrati Universitas PGRI Jombang Author
  • Mita Puji Rahayu Universitas PGRI Jombang Author
  • Oemi Noer Qomarijah Universitas PGRI Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/2gnj6z87

Keywords:

Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Gaya Kognitif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa field independent (FI) dan Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jombang sebanyak 2 siswa, masing-masing siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes uraian dan wawancara dengan instrument pertama adalah peneliti sendiri sedangkan untuk instrument pendukung menggunakan tes Group Embedded Figure Test (GEFT). Hasil dari penelitian ini bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat yaitu siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) mengalami 2 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam memahami soal (Comprehension Error) dan kesalahan siswa dalam menuliskan jawaban akhir (Encoding Error). Sedangkan siswa bergaya kognitif Field Dependent (FD) mengalami 3 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam transformasi soal (Transformation Error), keterampilan proses (Process Skill Error) serta menuliskan jawaban akhir (Encoding Error).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Kognitif. (2024). Edumath, 16(2), 53-60. https://doi.org/10.32682/2gnj6z87