PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI MIN 4 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/pya8gn51Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian perbandingan kelompok statik (the static group comparison design). Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5 MIN 4 Jombang, dengan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling). Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan 30 siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Setelah dilakukan penelitian di MIN 4 Jombang, peneliti dapat menyimpulkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang. Hal ini ditunjukkan oleh nila sig=0,032 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga sig < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang
.png)
