PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI

Authors

  • Sindy Damayanti SDN Karangpakis 1 Kabuh Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/3r183094

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak dan dalam proses pembelajaran dikelas cenderung terpusat pada guru, sehingga menjadikan kegiatan belajar yang membosankan, akibatnya berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariasi agar proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga berdampak pada hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dengan jenis soal berupa soal uraian. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji independent sampel t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 4,648 dan ttabel sebesar 1,996564 yang berarti thitung > ttabel sehingga  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar  matematika siswa kelas XI

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI. (2025). Edumath, 15(1), 40-47. https://doi.org/10.32682/3r183094