STUDI EVALUASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS IT MAHASISWA CALON GURU PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN MIKRO

Authors

  • Rifa Nurmilah STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Ririn Febriyanti STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/e9awwk69

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran mikro bagi mahasiswa calon guru khususnya mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam mengembangkan keterampilan mengajar atau kompetensi pedagogik yang harus dimiliki sebagai calon guru di masa mendatang. Adapun target khusus yang diharapkan mahasiswa calon guru dapat memiliki keterampilan mengajar dengan kompetensi pedagogik yang baik dan benar berbasis IT. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif untuk data kualitatif, data kuantitaif di analisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian secara parsial, peran dosen pembimbing berpengaruh positif terhadap keberhasilan pembelajaran mikro sebesar 1,32%. Peran rekan sejawat mempunyai pengaruh negatif terhadap keberhsilan pembelajaran mikro sebesar 0,71%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi peran dosen pembimbing dalam pelaksanaan pembelajaran mikro mendukung tinggi rendahnya keberhasilan pembelajaran mikro. Hal ini juga berlaku bagi variabel lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

STUDI EVALUASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS IT MAHASISWA CALON GURU PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN MIKRO. (2025). Edumath, 15(1), 48-57. https://doi.org/10.32682/e9awwk69