PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/nm0frn14Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa. Hasil observasi diperoleh nilai ulangan harian kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri Mojoagung yang berjumlah 29 siswa dengan persentase ketuntasan 62,1 %. Rendahnya hasil belajar dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dan siswa pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kelas XI Akuntansi 3 melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Mojoagung kelas XI Akuntansi 3 tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah psikomotorik dan ranah afektif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 69,66 dengan ketuntasan klasikal 72,41 %. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus II sebesar 79,08 dengan ketuntasan klasikal 89,66 %. Adapun rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 58,34 dengan ketuntasan klasikal 68,97 %. Rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus II sebesar 75,58 dengan ketuntasan klasikal 93,10 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 86,21 %. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus II sebesar 83,10 dengan ketuntasan klasikal 100 %. Sedangkan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu guru hendaknya memberi motivasi atau penghargaan berupa nilai terhadap tugas siswa, sehingga siswa termotivasi untuk belajar karena merasa dihargai. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat dijadikan alternatif untuk memvariasikan model pembelajaran