PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Arneta Sekar Arum Chusnia STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Abd. Rozak STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/5hhyh553

Abstract

Belajar adalah serangkaian tindakan individu yang bertujuan untuk mengubah perilaku yang dipengaruhi oleh pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah peran orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian terdiri dari 282 siswa SMP Budi Utomo Perak, sebanyak 40 sampel siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar angket dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Budi Utomo Perak, dan (3) ada pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Budi Utomo Perak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. (2025). Edumath, 15(2), 92-98. https://doi.org/10.32682/5hhyh553