PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS PADA SISWA SMK KUSUMA NEGARA MOJOAGUNG

Authors

  • Agnesya Alfanagara STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Rifa Nurmilah STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/n3cx2d60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran TPS berbantuan microsoft mathematics pada materi matriks terhadap hasil belajar siswa SMK Kusuma Negara Mojoagung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasy experiment dengan nonequivalen posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI dengan kelas XI TPM-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPM-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dengan jenis soal uraian. Teknik analisis data dengan menggunakan statististik inferensial uji t. Data yang diperoleh setelah melakukan post-test nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 76. Hasil analisis diperoleh nilai sig. sebesar 0,002 hal ini berarti bahwa nilai sig. < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan aplikasi microsoft mathematics terhadap hasil belajar matematika siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS PADA SISWA SMK KUSUMA NEGARA MOJOAGUNG. (2025). Edumath, 15(2), 99-104. https://doi.org/10.32682/n3cx2d60