ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA LEVEL 5 DITINJAU GAYA KOGNITIF
DOI:
https://doi.org/10.32682/bj0sxm27Abstract
Rendahnya Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi. Siswa Indonesia masih kesulitan dalam menyelesaiakn soal PISA pada level tinggi di mana dalam menyelesaikan soal membutuhkan konseptualisasi dan generalisasi dalam berpikir dan bernalar secara matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model PISA level 5 ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Peterongan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figure Test (GEFT), tes uraian model PISA level 5, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi empat indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model. Bekerja secara strategis dengan menggunakan pemikiran dan penalaran yang baik. Melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan dan mengkomunikasikan interpretasi dan penalarannya. sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model