PENGARUH ALAT PERAGA KOLAM PETRIKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.32682/sh5b1m20Keywords:
alat peraga, kolam petriks, hasil belajarAbstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Design. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga kolam petriks terhadap hasil belajar matematika siswa SMK PGRI 1 Jombang pada materi matriks ordo . Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Jombang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari undian sampel pertama diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI AKL 2 berjumlah 30 siswa, dan undian sampel kedua sebagai kelas kontrol yaitu XI AKL 1 yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen berupa lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa (posttest) dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas (Independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows diperoleh nilai sebesar maka nilai sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kedua sampel. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Jombang yang diberi pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan alat peraga kolam petriks