LINGKARAN KERTAS BILBUL AJAIB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • Nurul Fatimatuzzahro SDN Senden Peteronagan Jombang Author
  • Henky Muktiadji STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/bsa1qs40

Keywords:

lingkaran krtas bilbul ajaib, hasil belajar, bilangan bulat

Abstract

Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama pandemi memberi banyak pengaruh negatif, diantaranya keaktifan belajar siswa menjadi berkurang yang berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini karena banyak kendala diantaranya kegiatan belajar hanya satu arah dan berpusat pada guru, memerlukan kuota internet, pelajaran dishare melaui link dan siswa terkadang mempelajarinya dan banyak kemungkinan juga tidak memutarnya. Berdasarkan hasil evaluasi google form materi operasi hitung bilangan bulat 75% anak dengan jumlah 20 anak dari 27 anak mendapat nilai dibawah KKM 60, dan 7 anak mendapat nilai diatas KKM. Untuk meningkatkan keaktifan siswa belajar maka diperlukan media pembelajaran sebagai jembatan pemahaman konsep yang abstrak ke konkret. Pembelajaran dengan menggunakan Lingkaran Kertas Bilbul Ajaib dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Senden Peterongan Jombang pada materi bilangan bulat. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 61,45 dengan ketuntasan klasikal 40% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%..

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

LINGKARAN KERTAS BILBUL AJAIB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. (2025). Edumath, 15(3), 153-158. https://doi.org/10.32682/bsa1qs40