PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/5nz46a73Keywords:
: Discovery Learning, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Matematika merupakan pelajaran yang wajib dipelajari oleh setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah tinggi. Guru memerlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Karena dengan model pembelajaran yang aktif dan efektif dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan masalah yaitu dengan menggunakan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui penekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, terpilih sampel untuk kelas kontrol yaitu X AK-2 dan sampel untuk kelas eksperimen X AK-1 dengan jumlah total sampel sebanyak 72. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar siswa (posttest). Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua sampel bebas. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning adalah 79,639 dan rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif adalah 70,194. Berdasarkan pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 20.0 hasil analisis uji hipotesis penelitian dengan perhitungan uji t-tes pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,524 dan ttabel = 1,66691. Karena thitung ≥ dan ttabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang