PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

Authors

  • Eka Agustina Rizkyati STKIP PGRI JOMBANG Author
  • Eny Suryowati STKIP PGRI JOMBANG Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/yfhs3y87

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Perbedaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa di MI Miftahul Ulum Jatipelem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian model yaitu Pottest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Ulum Jatipelem. Sedangkan sampel pada penelitian ini 32 siswa dengan 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 16 siswa sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal post test yang telah diuji validitasnya menggunakan  validasi ahli.  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas (Independent Sample T Test).Berdasarkan perhitungan uji statistik pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,047. Pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria H0 ditolak jika nilai sig < 0,05, sehingga sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar Perbedaan Hasil Belajar Matematika  Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dengan Model Kooperatif Tipe STAD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD. (2025). Edumath, 15(4), 197-202. https://doi.org/10.32682/yfhs3y87