EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENTIMETER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Moh.Alfian Fanani UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Mukhamad Janji Haryono UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Miftakhul Fitriyah UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author
  • Naili Zakiyah Erdiyavita UNIVERSITAS PGRI Adibuana Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/cewfr576

Keywords:

Mentimeter, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Mentimeter adalah suatu aplikasi berbasis website yang dapat dipergunakan sebagai media presentasi online, bermain games cerdas cermat serta dapat disajikan dalam bentuk quiz untuk menilai seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru. Dengan backsound serta latar yang menarik, media ini telah banyak menarik minat peserta didik dihampir semua tingkatan Pendidikan sehingga antusiasme peserta didik terhadap proses pembelajaran pun semakin meningkat. Media pembelajaran interaktf mentimeter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini terbukti dari pengamatan sebagian besar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif mentimeter dan menginginkan untuk dilakukan kembali. Penggunaan media pembelaran interaktif mentimeter efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengolahan Data kelas 5C. Hal ini dibuktikan dengan sebanyak 25 siswa atau 83% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang sudah ditentukan yaitu 75 dan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 82,76%..

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENTIMETER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. (2025). Edumath, 16(3), 139-142. https://doi.org/10.32682/cewfr576