PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RME

Authors

  • Trin Taqwani SDN Glagahan 1 Perak Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/29z06g28

Keywords:

Hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat, RME

Abstract

Pada saat melaksanakan proses belajar mengajar,hasil belajar mata pelajaran matematika, materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih dirasa sangat rendah. Sehingga peneliti mengambil keputusan untuk mencari permasalahan yang ada pada guru atau pada siswa. Guru kurang memotivasi siswa dana siswa juga tidak dapat memehami apa yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, guru memutuskan mengubah model pemebelajaran dengan model pembelajaran RME. Diharapkan dengan model pembelajaran RME, siswa dapat belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan relialita kehidupan sehari-hari.Berdasarkan teori Bruener, model pembelajaran RME diharapkan dapat membantu guru dalam pemahaman siswa kelas VI SDN Glgagahan I dalam penyelesaian operasi bilangan bulat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana model pembelajaran matematika realistik, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam materi pokokoperasi hitung bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Glagahan I Perak. Berdasarkan analisis di atas, peneliti mengharapkan bahwa dengan Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas VI SDN Glagahan I Perak. Dan diharapkan pemilihan model Pembelajaran RME dapat memiliki dampak yang positif, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar dalam setiap siklus

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RME. (2025). Edumath, 15(4), 218-224. https://doi.org/10.32682/29z06g28