MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/befqwb95Keywords:
komunikasi matematika, pemahaman matematika, pembelajaran matematikaAbstract
Salah satu isu penting dalam proses pembelajaran matematika yang menjadi perhatian saat ini, adalah pengembangan komunikasi matematika siswa. Melalui komunikasi matematika siswa dapat menyampaikan ide dan mengklarifikasi pemahaman matematikanya baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu, matematika siswa dapat memberikan tanggapan terhadap ide dan pemikiran siswa lainnya. Untuk mendorong kemampuan matematika siswa yang mendorong pengembangan pemahaman matematika siswa, guru perlukan kemampuan dan ketrampilan guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik minat belajar siswa dan membantu siswa untuk membangun dan mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa. Yang artinya, dalam proses pembelajaran matematika, guru memberkan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif, yaitu mendengarkan secara aktif dan penuh empati ketika siswa membawa masalah ke hadapan guru, dan merefleksikan balik kepada siswa tentang apa yang didengarnya dari penjelasan siswa