PENGARUH METODE PEMEBLAJARAN SISTEM DARINGBERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32682/7c808e31Keywords:
Metode Pembelajaran Daring, Google Classroom, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Banyak aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dimana salah satunya terkait dengan proses pembelajaran di bidang pendidikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diperlukan suatu inovasi pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran daring yang merupakan pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Management System (LMS), salah satu aplikasi online yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring yang dapat diunduh di play store secara gratis untuk mempermudah tugas-tugas siswa yaitu aplikasi Google Classroom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran sistem daring berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 5 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan bentuk The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di MTsN 5 Jombang dengan populasi seluruh siswa kelas VII sebesar 246 siswa dan sampel yang digunakan sebesar 60 siswa yang terdiri atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dalam pengambilan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan metode pembelajaran sistem daring yang berbasis aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan oleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) yaitu 0,000 . Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran daring dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.