ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SECARA TERTULIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN SELF-EFFICACY
DOI:
https://doi.org/10.32682/wcqr6805Keywords:
Komunikasi Matematis. Penyelesaian soal matematika. Self-EfficacyAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan self-efficacy. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil dari kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung yang diperoleh dari hasil pengisian angket self-efficacy. Kemudian didapatkan siswa dengan self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang, dan self-efficacy rendah dengan masing-masing diambil 1 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek mampu menyatakan ide dan masalah ke dalam model matematika yang tepat, namun, belum menuliskan keterangan untuk variabel yang digunakan. Subjek juga mampu menyatakan solusi pemecahan masalah dalam bentuk grafik. Selain itu, subjek mampu memecahkan masalah menggunakan simbol, bahasa dan rumus matematika yang tepat secara runtut. Dalam penarikan kesimpulan secara tertulis, mampu menuliskannya secara tertulis dengan benar, namun subjek dengan self-efficacy tinggi belum menuliskannya secara rinci. Subjek mampu menuliskan semua informasi yang diketahui dengan benar, namun subjek dengan self-efficacy tinggi dan rendah belum menuliskannya dengan sempurna. Belum menuliskan satuan harga (rupiah) pada harga beli, modal dan keuntungan yang diperoleh