PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32682/pv22jr56Keywords:
Pendidikan, Hasil Belajar Matematika, Teams Games TournamentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Patriot Peterongan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design posttest only control group design. Populasinya adalah siswa kelas XI SMK Patriot Peterongan. Sampelnya adalah semua anggota populasi yaitu XI OTP sebagai kelas eksperimen dan XI PHT sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dengan instrumennya berupa lembar tes. Analisis data menggunakan uji-t SPSS For Windows for 16 dengan bantuan dan analisis deskriptif data hasil belajar siswa.Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai sig< yaitu 0.000<0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (73,33 > 52,86), nilai tengah (media) kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (75 > 55), nilai yang sering muncul (modus) kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (75 > 55). Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika di SMK Patriot Peterongan pada materi matriks tahun pelajaran 2019/2020