Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Safiil Author
  • Icha Mauliddiyah Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/g791pa93

Keywords:

Pengaruh, Hasil Belajar, Sramble

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Sramble terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MA Al – Bairuny. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian True Experimental Design tipe Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Bairuny. Sedangkan sampelnya sebanyak 23 siswa untuk kelompok eksperimen dan 29 siswa untuk kelompok kontrol. Sampel ini diperoleh melalui teknik cluster random sampling . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar matematika berbentuk essay sebanyak 6 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji mann whitney U). Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus diperoleh nilai U1 sebesar 79,5 yang berarti nilai ini lebih kecil dari nilai U tabel yaitu 229. Karena U hitung < U tabel maka  ditolak dengan kata lain diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas XI dengan dan tanpa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Scramble di MA Al – Bairuny. Karena Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas XI dengan dan tanpa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Scramble di MA Al – Bairuny maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MA Al – Bairuny

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-18

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Matematika. (2025). Edumath, 16(4), 182-190. https://doi.org/10.32682/g791pa93