Eksplorasi Permainan Tradisional Patok Lele Dengan Pendekatan Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika

Authors

  • Nur Fadillah Lidinillah Universitas Muhammadiyah Purworejo Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/55h7me91

Keywords:

Etnomatematika, permainan tradisional Patok Lele, inovasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permainan tradisional Patok Lele sebagai sumber belajar matematika. Permainan tradisional Patok Lele merupakan salah satu produk budaya lokal, yang memiliki elemen matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada permainan tradisional Patok Lele ditemukan berbagai konsep matematika, yaitu peluang, perbandingan, pengukuran, geometri, sudut, dan perhitungan, terutama dalam hal penjumlahan, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa permainan tradisional dapat menjadi sarana untuk memahami dan menerapkan konsep matematika dalam konteks budaya. Temuan ini diharapkan dapat memberikan inovasi terhadap pembelajaran matematika agar lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal, serta mendorong pelestarian permainan tradisional sebagai bagian dari pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-27

How to Cite

Eksplorasi Permainan Tradisional Patok Lele Dengan Pendekatan Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. (2025). Edumath, 17(4), 193-209. https://doi.org/10.32682/55h7me91